Saturday, February 16, 2013

Doa untuk Membayar Utang

Dalam Riwayat Anas bin Malik ra, ia berkata, "Rasulullah saw bersabda kepada Mu'adz, 'Hai Mu'adz! Maukah kamu aku ajarkan sebuah doa yang dapat engkau amalkan seandainya kamu mempunyai utang yang bertumpuk seperti gunung. Insya Allah utang-utangmu akan terbayar. Maka bacalah olehmu:

Allahumma maalikal mulki tu'til mulka man tasyaa'u wa tanzi'ul mulka mimman tasyaa'u, wa tu 'izzu man tasyaa'u wa tudzillu man tasyaa'u, biya dikal khoyru innaka 'alaa kulli syayin qodiir. Rohmaanud dun'yaa wal aakhiroti warohiimuhumaa tu'thii min humaa man tasyaa'u wa tamna'u minhumaa man tasyaa'u, irhamnii rohmatan tughniinii bihaa 'an rohmatin min siwaaka.

"Katakanlah, "Wahai Tuhan yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, yang mengasihi dunia dan akhirat dan menyayangi keduanya, Engkau memberikan antara keduanya kepada siapa saja orang yang Engkau kehendaki dan Engkau mencegahnya kepada siapa saja yang Engkau kehendaki. Ya Allah, limpahkanlah kasih sayang-Mu padaku yang dengan rahmat-Mu itu tercukupilah kebutuhanku dari segala rahmat selain dari-Mu."
(HR. Thabrani dalam Kitab As shagir dengan sanad yang zayid) (Dinukil dari kitab At Targhiib wat Tarhiib, 2/381)

No comments:

Post a Comment