Tuesday, October 18, 2011

Sungai, Kendaraan, Pasar dan Cuaca di Surga

  
Hadits dari Anas bin Malik ra, ia berkata : Bahwa Rasulullah saw pernah ditanya mengenai air al-Kautsar. Kata nabi:

Di dalam surga ada sungai yang disediakan Allah, airnya lebih putih dari susu serta lebih manis dari madu, juga ada sejenis burung yang lehernya sebesar leher unta
(HR. Tirmidzi)

Allah berfirman tentang sungai-sungai surga,

Didalam surga ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya; sungai-sungai dari susu yang tiada berubah rasanya, sungai-sungai dari arak yang rasanya lezat bagi peminumnya, dan sungai-sungai dari madu yang disaring.
(QS, Muhammad, 47:15)

Dalam hadits disebutkan:

Sesungguhnya engkau akan melihat seekor burung di dalam surga sedang engkau menginginkan dagingnya, maka jatuhlah ke hadapanmu dalam keadaan telah masak.
(HR Bazza dengan Sanad Dhaif yang berasal dari riwayat Ibnu Mas'ud) (Dari konsep Hidup Sesudah Mati Imam Ghaali, oleh Hussein Bahreisy, hal. 124)

Nabi saw bertanya pada Jibril, Wahai Jibril, dari manakah datangnya sungai-sungai itu? dan ke mana pula sungai-sungai itu mengalir?

Jibril: Sungai-sungai itu mengalir ke telaga Kautsar tetapi aku tidak tahu darimana datangnya sungai-sungai itu. Karenanya tanyakan saja kepada Allah Ta'ala supaya Dia memberitahukan dan memperlihatkan kempadamu
(Kemudian Nabi berdoa memohon kepada Allah kemudian datanglah malaikat serta berkata)

Malaikat: Wahai Muhammad pejamkanlah matamu
(Nabi pun memejamkan mata, malaikat itu berkata lagi,)
Malaikat:  Bukalah matamu
(Aku membuka kedua mataku. Tiba-tiba aku sudah berada di dekat sebuah pohon. Tak jauh dari pohon-pohon itu aku melihat sebuah kubah berwarna putih terbuat dari intan. Kubah itu memiliki satu pintu yang terbuat dari permata berwarna hijau dan gemboknya dari emas merah. Apabila seluruh manusia dan jin berkumpul di atas kubah itu niscaya akan nampak seperti burung yang bertengger di atas gunung atau hanya sperti sebutir telur yang terletak di atas gunung. Dan di situlah Nabi melihat empat sungai di bawahnya. Ketika Nabi akan kembali maka malaikat itu menegurku,)

Malaikat: Mengapa engkau tidak masuk ke dalamnya?
Nabi: Bagaimana aku bisa masuk sedngkan pintunya dikunci?
Malaikat: Hendaklah engkau saja yang membukanya
Nabi: Bagaimana aku membukanya?
Malaikat: Kuncinya berada di tanganmu
Nabi: Apakah itu?
Malaikat: Bismillaahir Rahmaanir Rahiim

(Nabi mendekati kubah seraya membaca Basmalah, dan terbukalah kunci itu. Lalu Nabi masuk ke dalam kubah. Di situlah Nabi melihat sungai-sungai itu mengalir dari empat buah tiang kubah itu)
(Dari Durratun Nasihin III, hal 25-26, Usman al-Khaibawi)

Bila penduduk surga ingin berpergian, Allah pun telah menyiapkan untuk mereka kendaraan-kendaraan yang jauh lebih hebat dari jenis kendaraan yang pernah diciptakan manusia.

Disebutkan dalam Hadits:

Ada seseorang bertanya kepada Nabi saw: 'Adakah kuda dalam surga?' Jawab Nabi saw: 'Jika engkau dimasukkan Allah ke dalam surga maka engkau akan menunggangi kuda dari yakut merah. Engkau akan menungganginya ke mana saja engkau suka.'
(HR Trimidzi)


Tentang pasar di surga ada pasar yang dikunjungi ahli surga setiap hari jumat, maka bertiup angin selatan dan mengenai wajah serta pakaian mereka, tiba-tiba mereka berubah bertambah indah sehingga ketika mereka kembali ke tempatnya disambut oleh keluarganya dan dikatakan: 'Demi Allah, kamu bertambah bagus.' Jawab mereka: 'Kamu sepeninggal kami juga bertambah cantik jelita.'
(HR. Muslim)

Di dalam hadits lain Rasulullah saw bersabda:

Di dalam surga ada pasar dimana tidak ada jual beli, yang ada adalah pameran paras laki-laki maupun perempuan. Kalau ada seseorang (penduduk surga) yang menginginkan, maka ia boleh  meminangnya.
(HR. Tirmidzi)

Sedangkan tentang cuaca di surga disebutkan

Hadits dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Ada seseorang bertanya: 'Ya Rasulullah, apakah di dalam surga itu ada siang dan malam?
Jawab Nabi saw: 'Tidak. Yang ada disana hanya sinar dan cahaya.'
(HR. Hakim dan Tirmidzi)

4 comments:

  1. sangat bermanfaat infonya ^^ terimakasih kak. assalamualaikum..

    ReplyDelete
  2. Bagus 👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah bermanfaat sekali infonyaa , terima kasih 😍

    ReplyDelete