Sunday, October 16, 2011

Anak-anak Kaum Muslim di Akhirat


Diriwayatkan dari Nabi saw bahwa beliau bersabda:

Bila telah datang hari kiamat dan semua manusia, jin dan para malaikat telah bangkit dengan berbaris maka datanglah anak-anak orang Islam dengan berbaris pula. Pada saat itu Allah Ta'ala berfirman kepada Malaikat Jibril,

Allah: Pergilah engkau dan masukkanlah anak-anak orang Islam ke dalam surga.
(Maka datanglah anak-anak orang Islam itu menuju ke pintu surga lalu berhenti dan berkata),
Anak-anak: Di manakah ayah dan ibu kami? Sungguh masuk surga tanpa ayah dan ibu kami tidak terasa nyaman bagi kami.
Malaikat: Sungguh para ayah dan ibumu tidak seperti kalian, mereka telah mendurhakai Tuhannya dan juga telah menuruti hawa nafsunya serta mengikuti setan-setannya sehingga mereka harus masuk neraka. (Tatkala anak-anak orang Islam itu mendengar penjelasan ini mereka berteriak dengan teriakan yang keras sekali dan menangis terus menerus. Allah bertanya walaupun Ia Maha Mengetahui)
Allah: Hai Jibril suara apakah itu?
Jibril: Itu suara teriakan anak-anak orang Islam, mereka mengatakan: 'Tidak perlu rasanya kami masuk surga karena tak akan ada kelezatan surga bagi kami tanpa ayah dan ibu kami. Maka kami mengharap kepada Allah Ta'ala agar mengampuni para ayah dan ibu kami serta melimpahkan semua dosa mereka kepada kami serta memasukkan mereka ke dalam surga bersama kami sekalian bila tidak baiklah kami sekalian mengikuti mereka ke dalam neraka.'
Allah: Pergilah engkau dan ambillah semua ayah dan ibu mereka lalu serahkan kepada anaknya masing-masing karena sesungguhnya Aku telah mengampuni dosa mereka lantaran syafaat anak-anak mereka serta masukkanlah mereka bersama anak-anaknya ke dalam surga!

Ketika mereka mendengar keputusan Allah Ta'ala, mereka menjadi riang dan gembira karena mereka dapat berjumpa ayah dan ibu, lalu mereka memegang tangannya dan masuk ke dalam surga bersama-sama.
(Siratan Hadits) - (Dari Durratun Nasihin III, hal 270-273, Usman al-Khaibawi)

No comments:

Post a Comment